cover
Contact Name
yusuf kurnia
Contact Email
yusuf.kurnia@ubd.ac.id
Phone
+628983591589
Journal Mail Official
yusuf.kurnia@ubd.ac.id
Editorial Address
Jl. Imam Bonjol No 41, Karawaci Ilir-Tangerang 15115
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Abdi-Dharma
ISSN : 27762777     EISSN : 27762785     DOI : 10.31253/ad
Abdi-Dharma diterbitkan oleh Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Buddhi Dharma (LP3kM) adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Abdi-Dharma meliputi hasil-hasil pengabdian, Abdi-Dharma menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang riset, mencakup: Sosial Kependidikan Sains Bahasa Bisnis dan Ekonomi Teknik Informatika Sistem Informasi Pajak Keuangan Sumber Daya
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): Abdi Dharma: Keuangan, Manajemen persediaan, Perpajakan, Etika bisnis UMKM, Dig" : 12 Documents clear
Pre Test dan Post Test Seminar Perencanaan Keuangan Keluarga, Kelurahan Sepatan Tangerang Ari Nuratriningrum; Yuri Yandhi
Abdi Dharma Vol. 2 No. 2 (2022): Abdi Dharma: Keuangan, Manajemen persediaan, Perpajakan, Etika bisnis UMKM, Dig
Publisher : LP3kM Universitas Buddhi Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31253/ad.v2i2.1721

Abstract

Cermat dan bijak juga hendaknya menjadi kunci bagi setiap keluarga, untuk membuka pintu kesadaran akan pentingnya keluarga, agar mampu menakhodai bahtera rumah tangga dalam melayari lautan kehidupan yang luas. Manajemen keuangan keluarga yang dikelola secara cermat dan bijak, akan mampu menghantarkan setiap keluarga mencapai kebahagiaan sejati. Kebahagiaan yang menentramkan hati dan pikiran setiap anggota keluarga, karena didukung mapannya kondisi keuangan. Banyak keluarga yang menengah kebawah yang tidak mengetahui tentang pentingnya perencanaan keuangan keluarga yang dimana bertujuan untuk menata kehidupan keluarga yang termasuk pendidikan dan kesehatan dari anak-anak. Kurang kesadaraan tentang perencanaan keuangan membuat banyak keluarga yang menghadapi kualitas kehidupan keluarga yang buruk. Pretest dan protest Seminar Perencanaan Keuangan Keluarga di kelurahan Sepatan kabupaten Tangerang menyatakan setelah mengadakan seminar sebagian besar peserta lebih memahami dan mengetahui perencanaan keuangan keluarga, berkeinginan untuk lebih mendiskusikan keuangan dengan pasangan dan berkeinginan untuk mencoba membuat anggaran belanja keluarga.
Pelatihan Penerapan Manajemen Persediaan Bagi Pedagang Makanan Minuman Di Era Endemi Covid 19 (UMKM Cihuni Hill Park) Aldi Samara; Rr. Dian Anggraeni; Rina Sulistiyowati; Selfiyan; Susanto Wibowo; Sutandi; Peng Wi; Pujiarti
Abdi Dharma Vol. 2 No. 2 (2022): Abdi Dharma: Keuangan, Manajemen persediaan, Perpajakan, Etika bisnis UMKM, Dig
Publisher : LP3kM Universitas Buddhi Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31253/ad.v2i2.1729

Abstract

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan, status endemi Covid-19 berarti penyakit yang berkaitan dengan virus corona ini masih ada, tapi sudah tidak mewabah. Nantinya, penyakit Covid-19 akan diperlakukan sebagai penyakit menular lainnya seperti Tuberkulosis (TB). Manajemen persediaan yang baik merupakan kunci keberhasilan setiap perusahaan. Pada perusahaan manufaktur, ada persediaan barang mentah, persediaan setengah jadi dan persediaan jadi (siap jual), sedangkan pada perusahaan dagang adalah persediaan barang dagang. Persediaan adalah stok barang yang akan digunakan perusahaan dalam menjalankan kegiatan usahanya. Kegiatan pengabdian pada masyarakat bertujuan untuk memberikan edukasi bagi warga mengenai manajemen persediaan baik bahan baku maupun barang jadi, untuk membuka wawasan dan ilmu baru bagi warga, untuk menstimulasi warga untuk menerapkan perhitungan dan teori manajemen persediaan ataupun tahapan webinar. Harapannya kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat bermanfaat bagi warga desa cijantra dapat menambah pengetahuan, warga desa cijantra dapat menambah wawasan dan ilmu baru, warga desa cijantra memiliki pemikiran yang tepat dalam pengelolaan persediaan, dan juga diharapkan warga desa cijantra dapat menerapkan dan mengimplementasikan materi webinar pada dagangan atau usaha yang dijalankan ataupun bisnis secara online maupun offline.
Optimalisasi Edukasi Perpajakan Bagi Generasi Milenial Melalui Webinar Benyamin Melatnebar; Eugenius Laluur
Abdi Dharma Vol. 2 No. 2 (2022): Abdi Dharma: Keuangan, Manajemen persediaan, Perpajakan, Etika bisnis UMKM, Dig
Publisher : LP3kM Universitas Buddhi Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31253/ad.v2i2.1730

Abstract

Saat ini arah umum pajak dengan menggunakan berbagai kegiatan dengan prinsip melakukan penyuluhan tentang peningkatan kesadaran pajak di kalangan generasi milenial. Pendidikan pajak ini harus meliputi sebuah generasi mendatang dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, beberapa dalam bentuk webinar yang dapat menggugah generasi milenial untuk mengikuti kegiatan terkait pajak dan ikut serta dalam mendukung program pemerintah untuk mendapatkan penerimaan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa pendidikan pajak bagi generasi milenial, bagaimana anak muda bisa memberikan kontribusi yang signifikan dengan cara melek pajak melalui suguhan webinar pajak. Tema webinar yang tepat telah dipilih untuk diimplementasikan bagi generasi milenial sehingga dapat menyerap penerimaan negara juga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan untuk memfasilitasi pengumpulan data, alat juga digunakan satu lembar daftar pertanyaan. Hasilnya dengan mempelajari pajak dan manfaat pajak melalui webinar. Teknik webinar yang digunakan dengan memanfaatkan media sosial yang dengan sesuatu cara yang tepat di tengah-tengah dukungan yang menggunakan media webinar secara luas, Ide yang dibutuhkan untuk mengenali audiens target yakni generasi milenial dari pelajar, mahasiswa dan juga pelaku bisnis. Webinar yang diimplementasikan tersebut sangat membantu generasi milenial untuk mengenali aspek pajak serta manfaatnya bagi negara.
Pelatihan dan Penerapan Etika Bisnis Kepada Mitra UMKM di Koperasi Madani Tangerang Canggih Gumanky Farunik; Dian Adventy; Wik Yang; Cristian Carles; Liana Putri; Cindy Theresia; Ruben Samuel Aristian; Adrian Hidayat
Abdi Dharma Vol. 2 No. 2 (2022): Abdi Dharma: Keuangan, Manajemen persediaan, Perpajakan, Etika bisnis UMKM, Dig
Publisher : LP3kM Universitas Buddhi Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31253/ad.v2i2.1731

Abstract

Etika adalah salah satu bagian penting dalam interaksi sosial kemanusiaan, tidak terkecuali di dalam suatu organisasi usaha, seperti koperasi. Salah satu konsep etika modern yang cukup terkenal adalah etika utilitarianisme. Utilitas artinya perangkat atau kegunaan, atau dengan kata lain, dasar suatu tindakan ekonomi itu baik atau tidak ditentukan pada tinggi atau rendahnya nilai utilitas. Utilitarianisme juga disebut sebagai teori etika konsekuensional, karena menekankan nilai moral pada “sebab-akibat” atau pada dampak dari tindakan moral yang dilakukan. Analisis biaya dan manfaat ini menghitung berapa besar biaya yang akan dikeluarkan seorang pelaku usaha dan dampak yang akan ditanggung oleh masyarakat jika dibandingkan dengan keuntungan yang akan diterima oleh pelaku usaha dan manfaat yang akan diterima oleh masyarakat. Metode pelaksanaan dari Program Pengabdian Masyarakat ini adalah Penggunaan rumus CB dan membuat skala kemanfaatan, secara tidak langsung membentuk budaya atau landasan etis dari internal Koperasi Madani dengan mendasarkan pada nilai utilitas atau kebermanfaatan, dimana manfaat tidak hanya dirasakan oleh anggota koperasi saja, tetapi juga kepada masyarakat sekitar, mitra usaha, hingga stakeholder lainnya dalam Koperasi Madani tersebut.
Implementasi Strategi CRM dan Penggunaan Digital Marketing pada UMKM di Credit Union Madani Kotabumi Tangerang Cynthia; Cindy Anisya; Devania Widya; Diana Silaswara; Puti Lenggo Ginny; Metta Susanti; Suryadi Winata; Limajatini
Abdi Dharma Vol. 2 No. 2 (2022): Abdi Dharma: Keuangan, Manajemen persediaan, Perpajakan, Etika bisnis UMKM, Dig
Publisher : LP3kM Universitas Buddhi Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31253/ad.v2i2.1732

Abstract

This student creativity development activity was carried out based on the collaboration between the Faculty of Business, Buddhi Dharma University and KSP Madani which was held at KSP Madani Credit Union Kotabumi, Tangerang City. Banten Province. The training participants are UMKM members of cooperatives, and the activities are carried out within a period of three months, with training activities planned in the form of focus group discussions, material presentations and interactive question-and-answer between the giver of materials and training and mentoring participants. The material provided was in accordance with the needs requested by KSP Madani at the beginning of the meeting, namely knowledge and implementation of Customer Relationship Management (CRM) for UMKM actors under the guidance of KSP Credit Union Madani. Participants from the training are members of the Madani cooperative, which are UMKM business actors in the Culinary and Services sector The output plan of this student creativity development activity is in the form of improving the performance of cooperative management.
Implementasi Penggunaan Digital Marketing Pada UMKM Di Credit Union Madani Kotabumi Tangerang Rinintha Parameswari; Sylviana Ribka Sanjaya; Michels Cancerlita; Ririn Febriani; Nova Belina; Andy; Eso Hernawan; Etty Herijawati
Abdi Dharma Vol. 2 No. 2 (2022): Abdi Dharma: Keuangan, Manajemen persediaan, Perpajakan, Etika bisnis UMKM, Dig
Publisher : LP3kM Universitas Buddhi Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31253/ad.v2i2.1733

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengimplementasikan penggunaan digital marketing pada UMKM di Credit Union Madani Kotabumi Tangerang. Dimana masih kurangnya pemahaman mengenai penggunaan digital marketing diantaranya sebagai berikut: Belum memanfaatkan media tekhnologi dalam pengembangan usahanya, Kegunaan digital marketing dalam perluasan usaha masih belum memadai, Kurangnya informasi mengenai Digital Marketing, Adanya motivasi dalam meningkatkan target penjualan dibidang digital marketing. Peserta yang terdiri dari mitra credit union merupakan pelaku usaha di bidang kuliner serta jasa. Kegiatan Pengabdian Masyarakat (Abdimas) yang dilaksanakan oleh 3 (tiga) prodi sekaligus, yaitu: Prodi Manajemen, Prodi Akuntansi, dan Prodi Ilmu Administrasi Niaga. Implemetasi dilakukan pertama adalah pengenalan digital marketing, pemasaran dan tujuan dari digital marketing. Pengenalan produk-poduk digital marketing sampai penggunaan digital marketing di market place.
Pengembangan Karakter Dengan Model Experiental Learning Pada Pemuda Tridharma Indonesia Cabang Wihara Maha Bodhi Tangerang Dram Renaldi; Edy; Amesanggeng Pataropura; Muhammad Subhana; Daniel Adhinugraha
Abdi Dharma Vol. 2 No. 2 (2022): Abdi Dharma: Keuangan, Manajemen persediaan, Perpajakan, Etika bisnis UMKM, Dig
Publisher : LP3kM Universitas Buddhi Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31253/ad.v2i2.1735

Abstract

Pengembangan karakter mencakup semua kegiatan yang meningkatkan rasa percaya diri dan jati diri, mengembangkan bakat dan potensi, mengembangkan individu yang meningkatkan kinerja, meningkatkan kualitas hidup, dan berkontribusi pada terwujudnya impian dan tujuan. Tidak ada batasan untuk pengembangan karakter. Konsep ini mencakup kegiatan formal dan informal untuk mengembangkan orang lain menjadi peran sebagai guru, mentor, penasehat, manajer, pelatih atau mentor. Ketika datang ke pengembangan pribadi organisasi, itu mengacu pada metode, program, alat, teknik, dan sistem penilaian yang mendukung pengembangan manusia di tingkat individu dalam suatu organisasi. Dalam sebuah organisasi khususnya kepemudaan pengembangan karakter penting bagi kemajuan kaderisasi organisasi tersebut. Pemuda Tridharma Indonesia cabang Wihara Maha Bodhi adalah salah satu organisasi kepemudaan yang sudah cukup lama melayani masyarakat khususnya daerah Tangerang. Kemajuan jaman saat ini membentuk karakter seseorang berbeda dengan pendahulunya, tentunya mempengaruhi mentalitas dan sifat pribadi seseorang tersebut. Semakin maju jaman maka semakin maju teknologi, dan dengan banyak teknologi yang maju maka banyak pula dampak positif maupun negatif terhadap kepribadian seseorang, khususnya bagi pemuda yang usianya masih dibawah 30 tahun yang masih mencari jati diri. Oleh sebab itu pembentukan karakter dengan mengembangkan potensi dan hal – hal yang bersifat positif dapat menarik kemampuan diri kearah yang lebih baik. Pelatihan pengembangan karakter ini efektif menggunakan metode Experiental Learning. Metode tersebut adalah sebuah model holistik dari proses pembelajaran di mana manusia belajar, tumbuh dan berkembang. Pelatihan tersebut dibalut dengan sebuah seminar dengan tema “How to Self-Development to be Good Person in Daily Life.”
Penerapan Strategi E-Commerce Dalam Meningkatkan Penjualan Bagi Pelaku Umkm Pemuda-Pemudi di Kelurahan Kotabumi Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang Sugandha; Fidellis Wato Tholok; Suhendar Janamarta; Vivin Hanitha; FX. Pudjo Wibowo; Toni Yoyo
Abdi Dharma Vol. 2 No. 2 (2022): Abdi Dharma: Keuangan, Manajemen persediaan, Perpajakan, Etika bisnis UMKM, Dig
Publisher : LP3kM Universitas Buddhi Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31253/ad.v2i2.1736

Abstract

Electronic Commerce adalah proses berbisnis melalui jaringan komputer. Seseorang yang duduk di kursinya di depan komputer dapat mengakses semua fasilitas Internet untuk membeli atau menjual produk.Tidak seperti perdagangan tradisional yang dilakukan secara fisik dengan upaya seseorang untuk pergi & mendapatkan produk, e-commerce telah memudahkan manusia untuk mengurangi pekerjaan fisik dan menghemat waktu. E-Commerce yang dimulai pada awal 1990-an telah mengambil lompatan besar di dunia komputer, tetapi fakta yang menghambat pertumbuhan e-commerce adalah keamanan. Keamanan adalah tantangan yang dihadapi e-commerce saat ini & masih banyak kemajuan yang dibuat di bidang keamanan.Keuntungan utama e-commerce dibandingkan perdagangan tradisional adalah pengguna dapat menelusuri toko online, membandingkan harga, dan memesan barang dagangan di rumah melalui PC mereka. Untuk meningkatkan penggunaan e-commerce di negara berkembang, e-commerce B2B diimplementasikan untuk meningkatkan akses ke pasar global bagi perusahaan di negara berkembang. Untuk kemajuan negara berkembang di bidang e-commerce adalah penting. Strategi penelitian menunjukkan pentingnya e-commerce di negara berkembang untuk aplikasi bisnis.
Pelatihan Desain Slide dengan Canva Junaedi; Lianny Wydiastuty Kusuma; Yo Ceng Giap; Suwitno; Aditiya Hermawan; Rino; Benny Daniawan; Riki
Abdi Dharma Vol. 2 No. 2 (2022): Abdi Dharma: Keuangan, Manajemen persediaan, Perpajakan, Etika bisnis UMKM, Dig
Publisher : LP3kM Universitas Buddhi Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31253/ad.v2i2.1737

Abstract

Perkembangan di era sekarang banyak sekali perubahan dari segi teknologi. Perkembangan teknologi ini meliputi desain grafis, pemrograman, aplikasi dan sebagainya. Hal inilah yang membuat penulis sebagai pendidik untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan cara melakukan sebuah workshop dengan tema “Pelatihan Desain Slide dengan Canva” yang bertujuan untuk memperkenalkan membuat sebuah desain pada slide presentasi dengan baik, rapih dan interaktif sebagai media penyampaian pembelajarannya. Pelatihan Desain Slide dengan Canva ini juga didukung oleh Universitas Buddhi Dharma sebagai tempat dilaksanakannya pelatihan ini. Para peserta dari Pelatihan Desain Slide dengan Canva ini diikuti oleh para romo dan rahmani dari Magabudhi Kota Tangerang. Hasil dari pelatihan ini akan di implementasikan dalam pembuatan presentasi sebagai media pembelajaran.
Pelatihan Desain Poster dengan Canva Ardiane Rossi Kurniawan Maranto; Ellysha Dwiyanthi Kusuma; Hartana Wijaya; Yusuf Kurnia; Raditya Rimbawan Oprasto; Santa Margita
Abdi Dharma Vol. 2 No. 2 (2022): Abdi Dharma: Keuangan, Manajemen persediaan, Perpajakan, Etika bisnis UMKM, Dig
Publisher : LP3kM Universitas Buddhi Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31253/ad.v2i2.1738

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang sangat pesat dan hampir telah mempengaruhi semua aspek kehidupan manusia. Dalam era teknologi informasi ini ditandai dengan kecepatan dan kemudahan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Media grafis atau yang sering disebut sebagai media visual, merupakan salah media yang sudah banyak penggunaannya, salah satunya adalah poster. Dengan media visual berupa poster dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi lebih menarik dalam bentuk yang efektif dan efisien. Tujuan dalam pelatihan ini untuk meningkatkan kreativitas terutama dalam membuat poster untuk menyampaikan informasi, adapun aplikasi yang digunakan adalah Canva. Pelatihan ini dilaksanakan selama satu hari, dengan melibatkan anggota Magabudhi. Pelaksanaan pelatihan dilakukan oleh dosen-dosen Fakultas Sains & Teknologi Universitas Buddhi Dharma. Setelah kegiatan pelatihan selesai, diharapkan para peserta sudah dapat membuat sebuah karya poster yang menarik untuk menyampaikan informasi dan memanfaatkan aplikasi canva untuk kebutuhan lainnya.

Page 1 of 2 | Total Record : 12